Tata Cara Pengajuan Penyelesaian Sengketa ke Komisi Informasi

 

  1. Pengajuan sengketa informasi publik ke komisi informasi publiK selambat lambatnya 14 hari kerja setelah diterimanya tanggapan tertulis atas surat keberatan pemohon informasi publik kepada atasan PPID Badan PubliK atau berakhirnya masa 30 hari kerja bagi atasan PPID Badan Publik untuk memberikan tanggapan secara tertulis atau surat keberatan dari pemohon informasi publik.
  2. Pengajuan sengketa informasi Publik baik oleh perorangan, Badan Hukum ataupun kel;ompok orang yang bisa diajukan dengan cara mendatangai langsung kantor komisi informasi dan menemui petugas administrasi pengaduan dan penyelesaian sengketa informasi ataupun mengajukan permohonan sengketa informasi public secara online kepada komisi informasi melalui aplikasi SIMSI ( Sistem Informasi dan Manajemen Sengketa Informasi ), dengan link url atau alamat website aplikasi http://simsi.komisiinformasi.go.id.
  3. Pemohon sengketa informasi publik wajib melengkapi berkas permohonan pengajuan sengketa informasi public , sebelum mendapatkan nomor registrasi / akta registrasi sengketa sengketa informasi publik dari petugas kepaniteraan komisi informasi
  4. 4. Setelah permohonan sengketa informasi public mendapat nomor registrasi atau akta registrasi maka 14 hari kerja setelahnya komisi informasi mulai melakukan proses penyelesaian sengketa informasi publik dengan diawali melalui pemanggilan secara patut kepada pemohon untuk menghadiri siding ajudikasi non litigasi tahap pemeriksaan awal.

Sumber data: Undang Undang No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi Publik dan Peraturan Mahkamah Agung Nomor. 2 tentang Tata cara penyelesaian sengketa informasi Publik.