36.100 Pelanggan PDAM Segera Pakai Transaksi QRIS
Humas PDAM Jayapura - Sebanyak 36.100 pelanggan PDAM Jayapura segera memakai transaksi non tunai Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS). Menggandeng Bank Indonesia Kantor Perwakilan Papua, PDAM Jayapura launching QRIS sebagai inovasi digitalisasi transaksi pembayaran rekening air non tunai. Direktur Utama PDAM Jayapura Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM mengatakan bahwa 36.100 pelanggan PDAM akan memiliki barcode QRIS.
"36.100 pelanggan akan memiliki barcode QRIS, maka tim IT, bagian pelayanan dan humas akan memberikan wawasan kepada pelanggan kami, karena pelanggan mulai terbiasa dengan transaksi non tunai seperti mobile banking dan SMS banking. Justru dengan QRIS akan mempermudah transaksi hanya dengan scanning barcode. Ini sudah tidak asing bagi pelanggan PDAM karena akan mempercepat proses identifikasi pelanggan," katanya pada Launching QRIS PDAM Jayapura di Hotel Horison Ultima Entrop, Kamis (30/9).
Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Papua Naek Tigor Sinaga mengatakan bahwa program tersebut merupakan terobosan, agar kalangan konvensional semakin banyak menggunakan alat bayar tersebut. "Ini merupakan suatu terobosan PDAM Jayapura di mana kita mendorong agar QRIS ini di kalangan konvensional seperti pedagang, merchant dan lainnya agar bagaimana menjadikannya sebagai transaksi sehari-hari," katanya.
Naek menambahkan terobosan ini bisa memudahkan masyarakat, dengan adanya QRIS statis dan membangun aplikasi data base, masyarakat tidak perlu repot mendatangi kantor cabang PDAM atau ke bank. Ada dua hal yang menjadi concern BI KPw Papua, yakni memudahkan masyarakat dan membuat masyarakat terbiasa dengan transaksi ini. Bank Indonesia ke depan berharap masyarakat pelanggan PDAM, terbiasa dengan transaksi digital. Kemudian, akan menjadi nasabah perbankan karena menggunakan aplikasi perbankan maupun penyelenggara sistem jasa pembayaran lainnya atau uang elektronik.
"Tidak tanggung-tanggung karena sebanyak 36.100 pelangan PDAM Jayapura, dengan menggunakan QRIS bisa menjadi pilot project yang bisa ditiru oleh daerah lain. Saat ini merchant pengguna QRIS sudah mencapai 76.000 dari target kita 55.000 dengan penambahan 36.100 pelanggan PDAM yang terdaftar QRIS yang sudah melampaui target yang ditetapkan tahun ini. Untuk menuju 12 Juta QRIS secara nasional, saya rasa ini menjadi terobosan, sampai saat ini sudah mencapai hampir 30 juta transaksi secara nasional," katanya. (Humas PDAM Jayapura)