PDAM Jayapura Raih 2 Kategori Penghargaan Top Digital Awards 2021

Bagikan Berita Bagikan ke Facebook Bagikan Tweet ke Twitter Bagikan ke LinkedIn Bagikan ke WhatsApp

Humas PDAM Jayapura - Di penghujung tahun 2021, PDAM Jayapura meraih penghargaan Top Digital Awards 2021 oleh Majalah ItWorks kategori Top Digital Implementation 2021 untuk level bintang 4 (#Stars4) dan Top Leader on Digital Implementation 2021 kepada Direktur Utama PDAM Jayapura Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM. Penganugerahan penghargaan tersebut berlangsung di Hotel Raffles Jakarta, Selasa (21/12), 

Proses seleksi Top Digital Awards 2021 menyaring 800 calon kandidat menjadi 200 kandidat terbaik dari perusahaan dan instansi pemerintah. Kemudian tersaring lagi 172 peserta yang dapat diikutkan dalam proses penilaian secara lengkap, termasuk hadir dan presentasi keberhasilan implementasi dan pemanfaatan teknologi digitalnya.

Pelayanan Prima PDAM Jayapura dalam pemanfaatan Teknologi Informasi, diimplementasikan dalam aplikasi SiPDAM dan PDAM info. "Pada tahun 2021, PDAM Jayapura telah mengembangkan dua aplikasi yang membawa perbaikan signifikan atas kinerja PDAM. Pertama adalah SiPDAM, yang dilakukan dalam rangka melakukan komputerisasi sistem manajemen internal maupun eksternal, terhadap pelaporan seperti akuntansi dan keuangan, billing system di mana pelanggan bisa memperoleh data piutang dan rekening air, lalu proses pencatatan logistik, SDM, hubungan langganan, terintegrasi dalam SiPDAM," kata Direktur Utama PDAM Jayapura Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM.

Kemudian, PDAM info yang mana di dalamnya memberikan kemudahan kepada masyarakat perihal sambungan baru yang dapat diajukan via aplikasi. Pengaduan bisa dilakukan melalui PDAM info, ini adalah kemudahan yang bisa diakses pelanggan PDAM Jayapura. Dampak lain digitasi pelayanan ini adalah pembayaran tagihan air yang bisa melalui transfer bank, maupun Payment Point Online Banking yang sudah bekerja sama dengan PDAM Jayapura. "Ini merupakan peningkatan pelayanan sehingga tidak perlu harus face to face atau ke loket pembayaran dalam membayar rekening air, dan berlaku 24 jam selama tersedia bank rekanan dan PPOB serta jaringan internet untuk mengakses pembayaran," katanya.

Perbaikan lain adalah percepatan pelaporan  secara internal, aplikasi ini memberikan kemudahan dalam menyajikan data pelanggan, tunggakkan dan rekening, data tersebut sekarang terintegrasi dalam data base yang memudahkan secara internal mengelola data tersebut. Adanya penghargaan dari pihak luar yang menilai prestasi PDAM Jayapura, tentu memotivasi perusahaan untuk melakukan perbaikan secara terus menerus di bidang Teknologi dan Informasi di PDAM Jayapura. Sehingga ke depan akan semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Direktur Utama mengatakan, PDAM Jayapura ke depannya akan terus mendukung kebijakan pemerintah daerah, dalam hal ini Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura menuju Smart City serta era digital. Beberapa torehan PDAM Jayapura selama tahun 2021 antara lain Hattrick penghargaan Top BUMD Awards 2021 oleh Majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah dan Lembaga Kajian Nawacita, dan Penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Provinsi Papua 2021 oleh Komisi Informasi Provinsi Papua, Top CSR 2021 dan Penghargaan Pengelolaan Kekayaan Daerah Yang Dipisahkan dari Wali Kota Jayapura.
 
"Penghargaan TOP Digital Awards ini adalah keberhasilan kolektif, karena seluruh eleman yang ada di PDAM Jayapura turut membangun IT dibagian administrasi maupun teknik. Sebelumnya di pertengahan tahun 2021, PDAM Jayapura telah meraih penghargaan prestasi antara lain Top BUMD 2021 dari Majalah Top Business, berkaitan dengan kinerja PDAM di bidang keuangan, operasional maupun pelayanan dan dikategorikan baik dengan perolehan bintang 4. Kemudian, prnghargaan TOP CSR 2021, diberikan oleh Majalah Top Business tentang bagaimana peran BUMD melakukan kegiatan sosial yang berdampak pada masyarakat, PDAM Jayapura di tahun 2020/2021," katanya. (Humas)