PDAM Jayapura Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Kategori BUMD Provinsi Papua
Humas PDAM Jayapura - PDAM Jayapura meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Provinsi Papua tahun 2021, untuk kategori Badan Usaha Milik Daerah. Direktur Utama Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM menerima langsung penghargaan tersebut dari Ketua Komisi Informasi Provinsi Papua Wihelmus Pigai di Gedung Negara Provinsi Papua, Kamis (18/11).
"PDAM Jayapura sejak 3 tahun lalu melakukan pembenahan dan perubahan tata kelola perusahaan yang lebih akuntabel dan transparan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan dalam menyampaikan informasi kepada publik terutama kepada pelanggan. Kami mengembangkan teknologi informasi dengan menghadirkan informasi yang mudah diakses pelanggan dan umum, yakni PDAM Pintar dan PDAM info, memberikan sebuah perubahan informasi ke pelanggan," katanya pasca menerima penghargaan.
Kategori monitoring dan evaluasi Komisi Informasi Publik Provinsi Papua (KIP) antara lain, kategori Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua, kategori Kementerian di tingkat Provinsi Papua, kategori Lembaga Negara / Pemerintahan Non Kementerian di Provinsi Papua, kategori Lembaga Non Struktural, kategori Badan Usaha Milik Negara, kategori Badan Usaha Milik Daerah, Partai Politik Provinsi Papua, Kategori Perguruan Tinggi dan Kategori Lembaga Penyelenggaraan Pemilu.
"KIP menyampaikan kuisioner kepada 211 badan publik dan sekitar 42 badan publik yang mengembalikannya. Hal ini menunjukkan kurangnya partisipasi badan publik dalam monitorin dan evaluasi tahun 2021," kata Ketua Komisi Informasi Provinsi Papua Wihelmus Pigai membuka rangkaian acara penyerahan penghargaan.
Metode penilaian yang digunakan antara lain indikator pengumuman informasi publik, penyediaan informasi publik, pelayanan permohonan informasi publik, pengelolaan informasi dan dokumentasi informasi publik melalui tahapan visitasi. PDAM Jayapura sebelumnya telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), yang akan memberikan kemudahan, salah satunya laporan keuangan PDAM Jayapura yang dapat dilihat melalui website.
"Kami bersyukur atas visitasi Komisi Informasi Provinsi Papua ke PDAM Jayapura, dan terjadi diskusi untuk perubahan. Untuk tahun 2022 kami akan melakukan perubahan tata kelola dalam hal pelayanan, kenyamanan akan ditata, pengaduan difasilitasi, dan PDAM akan memiliki Service Center, nanti akan ada pelayanan terpusat seperti air tidak mengalir agar tetap termonitor melalui Command Center," kata Direktur Utama. (Humas)