Penjabat Walikota Jayapura Lantik Direksi PTAM Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda)

Bagikan Berita Bagikan ke Facebook Bagikan Tweet ke Twitter Bagikan ke LinkedIn Bagikan ke WhatsApp

Humas Robongholo Nanwani - Penjabat Walikota Jayapura Dr. Frans Pekey, MSi didampingi Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, SSTp, MSi, Penjabat Sekda Kota Jayapura Robby Kepas Awi,  SE, MM dan Waket I DPRD Kota Jayapura Jhon Y. Betaubun, SH melantik Direksi PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda) periode 2023 - 2028. Berlangsung di Aula Sian Soor Kantor Walikota Jayapura pada Senin (17/4), Penjabat Walikota menegaskan direksi yang baru dilantik harus merangkul seluruh tukang ledeng dan membangun kebersamaan. 

"Seluruh jajaran harus dirangkul lalu membangun komitmen bersama untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Kemudian perusahaan juga tetap memberikan kontribusi PAD kepada pemerintah daerah atau dividen. Mari dukung BUMD air minum ini, agar dikelola dengan baik dan benar, lalu dukung pelestarian sumber air, juga dukung pencegahan kebocoran pipa," kata Penjabat Walikota Jayapura Dr. Frans Pekey, MSi saat pelantikan Direksi PTAM Jayapura Robongholo Nanwani di Aula Sian Soor, Senin (17/4). 

Sementara itu, Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, SSTp, MSi mengatakan momentum pelantikan direksi tersebut sebagai evaluasi pada kepemimpinan di periode sebelumnya. Diharapkan, perusahaan tetap bergerak dalam orientasi sosial dan ekonomi. "Pelantikan Direksi PTAMJ Robongholo Nanwani (Perseroda) ini diharapkan bisa menjadikan momentum evaluasi di periode di sebelumnya, juga sebagai komitmen untuk meningkatkan motivasi agar perseroda ke depan lebih baik lagi. Harus diingat bahwa ada dua orientasi, yaitu sosial untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat dan ekonomi untuk berkontribusi pada PAD," katanya. 

Direksi yang dilantik sendiri berasal dari internal perusahaan, yang sebelumnya telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan. Adapun susunan direksi PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda) di antaranya Direktur Utama dijabat oleh Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM, Direktur Umum dijabat oleh Syors Hendrik Ondi, SE dan Direktur Teknik dijabat oleh Yan Pieter Nasadit, ST.

Direktur Utama PTAM Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda) Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM mengatakan, bahwa ke depan akan menjadi tantangan direksi yang baru untuk meningkatkan kinerja perusahaan pada status perseroda. "Momentum perubahan badan hukum ini menjadi tantangan direksi yang baru dilantik untuk meningkatkan kinerja yang telah dicapai menjadi lebih baik. Ada 4 aspek yang akan dioptimalkan dalam program kerja 5 tahun ke depan, yaitu aspek keuangan, aspek pelayanan, aspek operasional dan, aspek SDM," katanya.

Aspek keuangan, di mana perusahaan dihadapkan pada likuiditas yang terbatas, sebagai dampak dari tunggakkan yang cukup besar, mencapai Rp 28 Milyar. Efektivitas penagihan pun belum optimal atau hanya 55% pelanggan yang memenuhi kewajiban membayar rekening air. Kemudian, aspek operasional atau tingkat kehilangan air (Non Revenue Water) berada pada angka 35%, yang menjadi tugas direksi dalam menurunkan angka kehilangan air. Program prioritas lain yakni pengembangan SDM, yang bekerja sama dengan lembaga pendidikan seperti UNAIR, Akatirta Magelang, IUWASH Tangguh dan sejumlah stakeholder. (Humas)