Perpamsi Beri Apresiasi PTAM Jayapura pada Indonesia Water Forum 2024

Bagikan Berita Bagikan ke Facebook Bagikan Tweet ke Twitter Bagikan ke LinkedIn Bagikan ke WhatsApp

Humas PTAM Jayapura - Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PP Perpamsi) memberikan Apresiasi Regionalisasi Sistem Penyediaan Air Minum Antara Kota Kabupaten Pertama di Wilayah Timur Indonesia Tahun 2024, kepada PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda). Apresiasi Perpamsi tersebut diterima langsung oleh Direktur Utama PTAM Jayapura Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM, CGRM dan Direktur Teknik Yan P. Nasadit, ST bersama Penjabat Walikota Jayapura L. Christian Sohilait, ST, MSi, dan Ketua DPRD Kota Jayapura Jhon Y. Betaubun, SH, MH. Capaian itu merupakan komitmen bersama antara Penjabat Walikota Jayapura dan Penjabat Bupati Jayapura, sebagai Kuasa Pemilik Modal (KPM) untuk melakukan pengelolaan bersama.

"Berdasarkan  Undang Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan Undang Undang Otonomi Daerah Nomor 32 tahun 2004, bahwa setiap pemerintah daerah memungkinkan memiliki atau mengelola BUMD Air Minum di masing-masing wilayah, seperti contoh PDAM Kota Jayapura dan PDAM Kabupaten Jayapura. Akan tetapi, khusus di Jayapura kedua Pemerintah Daerah berkomitmen mengelola secara bersama-sama dalam satu entitas bisnis, selanjutnya terbentuklah BUMD Air Minum berbadan hukum perseroda yakni PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda) pada 6 Desember 2022," kata Direktur Utama PTAM Jayapura Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM, CGRM pada Indonesia Water Forum 2024 di Jakarta, Rabu (28/8). 

Hal ini sebagai wujud komitmen kepala daerah untuk mengintegrasikan pelayanan di dua wilayah berbeda.  Komitmen bersama antara Penjabat Walikota Jayapura dan Penjabat Bupati Jayapura selaku KPM, menjadi dasar penilaian oleh dewan juri dalam acara Indonesia Water Forum 2024. Dengan adanya penghargaan tersebut, tukang ledeng Jayapura akan semakin termotivasi dalam melakukan transformasi pelayaann demi peningkatan kinerja perusaahaan yang semakin baik. 

"Apresiasi Regionalisasi juga menunjukkan kepada nasional bahwa PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda) adalah BUMD Air Minum pertama di wilayah timur Indonesia, yang berbadan hukum perseroda dan dimiliki oleh dua pemerintah daerah," katanya. (Humas)