PT. Air Minum Jayapura Akan Siapkan SDM Handal Kelola ALD

Bagikan Berita Bagikan ke Facebook Bagikan Tweet ke Twitter Bagikan ke LinkedIn Bagikan ke WhatsApp

Humas PTAM Jayapura - Menyambut penambahan diversifikasi usaha pengelolaan Layanan Air Limbah Domestik (ALD) di Kota Jayapura, PT. Air Minum Jayapura akan mempersiapkan SDM handal, pasca penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Kota Jayapura pada 22 Mei 2024 lalu. Sebelumnya, mandat Pemerintah Kota Jayapura agar mewujudkan sanitasi aman dan layak di Kota Jayapura, PT. Air Minum Jayapura  didelegasi untuk mengelola ALD. Langkah yang telah dilalui selain penandatanganan Nota Kesepahaman Pengelolaan ALD adalah penyusunan struktur organisasi, dan yang akan datang adalah persiapan personil divisi khusus pengelolaan ALD.

"Setelah melakukan penempatan divisi, selanjutnya akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Kota Jayapura yang berkaitan dengan instansi teknik pengelola limbah domestik. Setelahnya, PT. Air Minum Jayapura akan mengembangkan SDM yang ditugaskan mengelola pelayanan ALD untuk mengikuti diklat di Surabaya, sesuai instruksi Kementerian PUPR," kata Direktur Utama PT. Air Minum Jayapura di ruang kerjanya di Kantor Pusat, Jumat (31/5).

Setelah melakukan sinergitas kelembaagaan, langkah berikutnya adalah koordinasi lanjutan dengan Dinas PUPR Kota Jayapura, untuk memastikan adanya kerja sama pengelolaan ALD. Upaya pelayanan ALD adalah untuk meningkatkan harapan Pemerintah Kota Jayapura mewujudkan sanitasi aman dan layak, agar bisa diwujudkan oleh PT. Air Minum Jayapura.

"Untuk pengelola eksisting saat ini, akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Pemerintah Kota Jayapura nantinya, karena bagaimana pun juga kami masih membutuhkan kemitraan dalam menangani layanan ALD. Beberapa PDAM di Indonesia telah menyelenggarakan layanan ALD, kita bisa belajar di PDAM Solo, Bandung, Palembang untuk melakukan studi tiru," katanya. (Humas)