PTAM Jayapura Jalin Kerjasama Bidang Pendidikan Dengan Uniyap

Bagikan Berita Bagikan ke Facebook Bagikan Tweet ke Twitter Bagikan ke LinkedIn Bagikan ke WhatsApp

Humas PTAM Jayapura - PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda) menjalin kerjasama di bidang pendidikan dengan Universitas Yapis Papua (Uniyap), tentang Tridharma Perguruan Tinggi. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (NK), yang dilakukan oleh Direktur Utama PTAM Jayapura Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM, CGRM dan Rektor Uniyap Dr. H. Muhdi B. Hi. Ibrahim, SE, MM, di ruang Rektorat Uniyap. Ruang lingkup yang tertuang dalam NK antara lain bidang pendidikan dan pengajaran, bidang penelitian dan bidang pengabdian pada masyarakat.

"PTAM Jayapura menjalin kemitraan dengan Uniyap berkaitan dengan peningkatan kerjasama untuk Tridarma Perguruan Tinggi, sebagai instansi penyedia layanan air minum PTAM Jayapura yang bersentuhan dengan publik maka perguruan tinggi menjadi lembaga yang sesuai, diharapkan membantu mengoptimalkan peran BUMD di Tanah Papua, hal ini sejalan dengan fungsi perguruan tinggi yang mencakup 3 fungsi pokok yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat," kata Direktur Utama PTAM Jayapura Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM, CGRM di Rektorat Uniyap, Jumat (15/9).

Di bidang pendidikan dan pengajaran bisa terjadi kolaborasi antara kalangan akademisi dan tukang ledeng, ke depan diharapkan mampu mengembangkan SDM di perusahaan, seperti implementasi disiplin ilmu di dalam tugas pokok dan fungsi masing-masing struktur organisasi di perusahaan. "Implementasi ilmu seperti di bidang teknologi informasi, bidang teknik dan bidang akuntansi. Kemudian, di bidang pengabdian kepada masyarakat adalah sinergi antara perguruan tinggi dan perusahaan menjadi perancang Corporate Social Responsibility (CSR) yang handal pada layanan air bersih," katanya.

Bidang penelitian juga diharapkan mampu meningkatkan pelayanan melalui survei kepuasan pelanggan air minum di PTAM Jayapura. Kemudian, bidang penelitian turut berperan dalam menentukan potensi pengembangan cakupan pelayanan, yang nantinya memberikan kemudahan melalui kolaborasi dengan peneliti Uniyap.

Di sisi lain, PTAM Jayapura memiliki produk unggulan yakni Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek Robongholo dan Nanwani. Diharapkan juga ke depan, produk AMDK dapat dilibatkan dalam setiap kegiatan dan aktivitas bagi segenap civitas akademik di lingkungan Uniyap.

Sementara itu Rektor Uniyap Dr. H. Muhdi B. Hi. Ibrahim, SE, MM mengapresiasi kerjasama yang tertuang dalam NK, yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan produk yang dihasilkan PTAM Jayapura. "Kami mengapresiasi atas terjalinnya kerjasama ini, ke depan diharapkan mampu saling mengembangkan ilmu pengetahuan dan produk layanan dari PTAM Jayapura," katanya.

Rincian dari ruang lingkup NK di bidang pendidikan dan pengajaran adalah pelaksanaan seminar dan atau kuliah umum bagi mahasiswa dan dosen, mitra kegiatan pembelajaran merdeka belajar dan kampus merdeka, pengembangan SDM, Magang Dosen dan Forum Ilmiah (pelatihan, lokakarya, seminar, simposium). Kemudian di bidang penelitian meliputi pelaksanaan penelitian bersama dosen, mahasiswa dan PTAM Jayapura, penyebaran (diseminasi) dan atau hasil penelitian bersama pada jurnal lokal, nasional dan internasional. Terakhir di bidang pengabdian pada masyarakat, antara lain penyuluhan dan atau advokasi kepada masyarakat oleh kedua pihak. (Humas)