Rakerda Bahas Isu Strategis BUMD Air Minum di Tanah Papua

Bagikan Berita Bagikan ke Facebook Bagikan Tweet ke Twitter Bagikan ke LinkedIn Bagikan ke WhatsApp

Humas PTAM Jayapura - Perpamsi PD di Tanah Papua mengadakan Rakerda di sela-sela agenda Porpamnas VIII Makassar. Pertemuan seluruh pimpinan BUMD Air Minum di tanah Papua tersebut membahas isu strategis seperti tingkat NRW yang tinggi di atas 40%, kurang optimalnya dukungan pemerintah daerah kepada BUMD Air Minum di Kota dan Kabupaten di tanah Papua, kurangnya SDM ahli air minum, serta jumlah pelanggan yang masih rendah. Rakerda tersebut diikuti oleh direksi PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda), Perumdam Tirta Adrian Kabupaten Nabire, Perumdam Jereukom Kabupaten Merauke, Perumdam Kabupaten Kepulauan Yapen dan Perumdam Minyei Arfak Kabupaten Manokwari.

"Di sela-sela agenda Porpamnas VIII Makassar, Perpamsi PD di Tanah Papua mengadakan Rakerda yang turut dihadiri oleh beberapa pimpinan PP Perpamsi, diantaranya Wakil Ketua PP Perpamsi sekaligus Direktur Utama PDAM Suryasembada Kota Surabaya, Sekretaris Umum PP Perpamsi sekaligus Direktur Utama Perumdam Tirta Pakuan Kota Bogor, serta Ketua Yayasan Pendidikan Tirta Dharma Pamsi. Beberapa masalah dibahas dalam Pra Rakerda, diantaranya tingkat kebocoran air yang masih tinggi yaitu di atas 40%, kurang optimalnya dukungan dari pemerintah daerah di Papua yang diindikasikan dari kurangnya dukungan dana penyelenggaran kegiatan BUMD Air Minum di tanah Papua, serta kurangnya SDM penyelenggara air minum dan jumlah pelanggan yang masih rendah," Kata Ketua Perpamsi PD di Tanah Papua Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM, CGRM di Makassar, Rabu (7/8).

Ketua PD Perpamsi di Tanah Papua mengapresiasi kehadiran beberapa Pengurus Pusat, serta mengharapkan adanya perhatian bagi BUMD Air Minum di tanah Papua, dengan melakukan subsidi dan pelatihan dari pusat. Sehingga, BUMD Air Minum yang ada di Papua mampu mengembangkan SDM unggul dan mengadakan lintas kerja sama antar BUMD Air Minum di tanah Papua, agar dapat bertransformasi mewujudkan profesionalitas pelayanan dalam kemajuan perusahaan.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Perpamsi Ir. Arief Wisnu Cahyono, ST, menyampaikan sambutan, bahwa perlunya transformasi dalam pelayanan, sehingga pimpinan BUMD di tanah Papua dapat meningkatkan mutu SDM dan kualitas pelayanan. "BUMD di tanah Papua mampu bersaing menjadi perusahaan yang maju bersama-sama dengan BUMD Air Minum di daerah lain di seluruh Indonesia," katanya. (Humas)