Upacara HUT ke-30 PDAM Jayapura Berlangsung Sederhana, Dirut Paparkan Evaluasi
Humas PDAM Jayapura - Upacara Hari Ulang Tahun ke-30 Perusahaan Daerah Air Minum Jayapura berlangsung sederhana di kantor pusat. Peringatan puncak itu sebagai momen mempererat kebersamaan, kekompakkan, dan introspeksi diri terhadap pelayanan pelanggan menuju prima. Direktur Utama PDAM Jayapura Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM bertindak sebagai inspektur upacara memaparkan evaluasi perjalanan 30 tahun PDAM Jayapura. Turut mendampingi Direktur Umum Esther M. Tamba, SE, Direktur Teknik Bastian Kapisa, dan diikuti segenap pegawai PDAM Jayapura serta Dharma Wanita Persatuan PDAM Jayapura.
"Momentum ini juga menanamkan perubahan mindset di mana PDAM Jayapura akan berganti identitas menjadi berbadan hukum perseroda, sebagai mana amanat undang-undang. Saya berharap segenap tukang ledeng Jayapura bisa mengikuti dinamika instansi ini," kata Direktur Utama PDAM Jayapura Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM di kantor pusat, Senin (20/6).
Terdapat evaluasi pada peringatan HUT yang menjadi tantangan PDAM Jayapura, yakni tingkat efektifitas penagihan masih 60% dari 36.700 pelanggan. Dengan presentase sebesar 40% pelanggan yang belum membayar tagihan rekening air. "Kita dihadapkan tingginya piutang rekening air, berdasarkan hasil audit laporan evaluasi kinerja BPKP Perwakilan Provinsi Papua, hutang PDAM Jayapura per 31 Desember 2021 selama 3 tahun ke belakang masih ada saldo Rp 29 Milyar," katanya.
Hal ini menjadi tantangan tukang ledeng Jayapura untuk menuntaskan dua permasalahan yang menjadi urgensi. Kekurangan kesadaran dalam membayar rekening dari pelanggan dan pihak PDAM Jayapura yang belum optimal melakukan penarikan dana dari masyarakat, harus menjadi concern. (Humas)