Warga Kampung Yahim Sentani Segera Nikmati Pelayanan Air Bersih

Bagikan Berita Bagikan ke Facebook Bagikan Tweet ke Twitter Bagikan ke LinkedIn Bagikan ke WhatsApp

Humas PTAM Jayapura - Sebanyak 73 Kepala Keluarga di Kampung Yahim, Sentani segera menikmati sarana air bersih, bantuan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) dari Pemerintah Kabupaten Jayapura. PT. Air Minum Jayapura menindaklanjuti program Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Pemerintahan Kampung Yahim,  dengan mengadakan sosialisasi. Direksi PT. Air Minum Jayapura secara langsung menyampaikan hak dan kewajiban calon pelanggan, dalam sosialisasi sambungan baru air bersih bagi warga Kampung Yahim.

"Saya apresiasi semangat dan antusias warga Kampung Yahim dan dukungan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura, yang telah berkolaborasi dengan PT. Air Minum Jayapura untuk mewujudkan rencana sambungan baru jaringan air bersih. Pemasangan pipa distribusi utama sudah dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura, selanjutnya operasional air bersih akan dilakukan oleh PT. Air Minum Jayapura. Dengan connecting ke jaringan pipa distribusi utama ke rumah warga," kata Direktur Utama PT. Air Minum Jayapura Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM, CGRM, di Aula Kantor Pemerintahan Kampung Yahim, Selasa (20/8).

Atas sosialisasi tersebut, Direktur Utama segera menginstruksikan ke Kepala Cabang Sentani untuk segera melakukan instalasi bagi 73 Sambungan Rumah di Kampung Yahim. Debit air yang didistribusikan diambil dari sumber Pos 7, Kampung Sereh, yang mana pasokannya cukup untuk warga di Kampung Yahim. Kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Jayapura, Pemerintahan Kampung Yahim dan PT. Air Minum Jayapura mampu merealisasikan kebutuhan warga akan air bersih.

PT. Air Minum Jayapura sebagai bagian integral dari Pemerintah Kabupaten Jayapura, mampu membuktikan kolaborasi peningkatan akses air bersih di masyarakat tidak sulit. Selama ini masyarakat beranggapan instalasi memakan biaya yang cukup mahal sebesar, melalui program bantuan Pemerintah Kabupaten Jayapura, proses sambungan baru akan dipercepat dan mendapat subsidi atau tidak dipungut biaya pemasangan. Kolaborasi lintas sektor ini akan menjadi role model ke depannya, bahwa selama ini PT. Air Minum Jayapura sering mendapat keluhan dari para peminat layanan air bersih dari PT.Air Minum Jayapura kesulitan dalam pembiayaan sambungan sebesar Rp. 1.650.000 per Sambungan Rumah. Namun dengan sinergitas yang baik dengan kepala kampung yahim kendala tersebut dapat terjawab dengan adanya bantuan pembiayaan tsb. 

"Saya bangga dengan Kepala Kampung Yahim yang proaktif dalam merealisasikan kebutuhan air bersih warganya. Saat ini memang baru 73 Sambungan Rumah yang akan diinstalasi mulai besok (Rabu,21/8), namun ke depan akan ditinjau kembali potensi penambahan sambungan baru," katanya.

Sementara itu, Kepala Pemerintahan Kampung Yahim Denny Monim, Amd.T. mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura dan atas respon PT. Air Minum Jayapura karena telah menjawab kebutuhan air bersih bagi warganya. Selama ini warga pesisir membeli air galon untuk memenuhi kebutuhan air minum, karena air danau Sentani hanya digunakan untuk keperluan mandi dan mencuci. Atas kunjungan Bupati Jayapura pada Februari 2022, warga menyampaikan aspirasi tentang kebutuhan air bersih, lalu direspon dengan penyaluran bantuan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yang saat ini sedang dikerjakan.

"Atas nama seluruh warga di Kampung Yahim saya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura dan respon PT. Air Minum Jayapura, di mana telah menjawab kebutuhan air bersih terutama bagi warga di pesisir danau Sentani. Kami menunggu kurang lebih 2 tahun, lalu saat ini telah direspon PT. Air Minum Jayapura untuk menindaklanjuti instalasi Sambungan Rumah," katanya. (Humas)