Perpamsi PD di Tanah Papua Adakan Pelatihan Manajemen Air Minum Berbasis Kompetensi Tingkat Muda

Bagikan Berita Bagikan ke Facebook Bagikan Tweet ke Twitter Bagikan ke LinkedIn Bagikan ke WhatsApp

Humas PTAM Jayapura - Perpamsi Pengurus Pusat dan Pengurus Daerah di Tanah Papua mengadakan pelatihan manajemen air minum tingkat muda berbasis kompetensi angkatan 2. Pelatihan tersebut diikuti oleh 26 orang pegawai dari 10 perusahaan air minum di 6 provinsi di tanah Papua. Kegiatan berlangsung dari tanggal 6-9 Desember 2023, dan dibuka oleh Wakil Ketua Bidang Sumber Daya Air PP Perpamsi sekaligus Ketua PD di tanah Papua Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM, CGRM dan Koordinator Biro Diklat Sekretariat PP Perpamsi Danang Pidekso. 

"Pelatihan ini diharapkan meningkatkan SDM dalam hal kompetensi tukang ledeng, sehingga pengelola SPAM memilik kompetensi dalam tiga hal, yakni knowledge, attitude dan skill. Peserta pelatihan pada hari terakhir akan mendapat uji kompetensi, yang mana tukang ledeng di tanah Papua diharapkan memiliki standarisasi atau kualitas secara nasional sebagai petugas di lapangan, juga dapat memberikan kesamaan persepsi dari sisi pelayanan," kata Ketua Perpamsi PD di tanah Papua Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM, CGRM, Rabu (6/12).

Pelatihan ini menjadi wadah melahirkan pemimpin baru, sebagai bagian dari regenerasi atau pengkaderan di struktur organisasi perusahaan air minum. Ketua PD di tanah Papua berharap para peserta pasca pelatihan dapat memanfaatkan ilmunya di perusahaan air minum di masing-masing daerahnya.

Sementara itu, Koordinator Biro Diklat Sekretariat PP Perpamsi Danang Pidekso mengatakan bahwa agenda pelatihan merupakan program rutin PP Perpamsi. "Dalam rangka menigkatkan SDM anggota Perpamsi dari 33 pengurus daerah di 430 perusahaan air minum dengan total 60.000 pegawai yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya di tanah Papua, diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas SDM.

Peserta pelatihan manajemen air minum tingkat muda berbasis kompetensi angkatan 2 diikuti oleh 10 perusahaan air minum dari 6 provinsi di tanah Papua. Perusahaan itu antara lain, PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda), PT. War Bersendi Biak, Perumda Air Minum Jereukom Merauke, Perumda Tirta Pala Fak Fak, PT. Tirta Remu Sorong, Perumda Air Minum Minyei Arfak Manokwari, PDAM Kepulauan Yapen, UPTD Air Minum Kabupaten Sorong dan UPTD Air Minum Kabupaten Keerom. (Humas)