Kelola Air Limbah, PT. Air Minum Jayapura Jajaki Kerjasama dengan Perumda Surakarta

Bagikan Berita Bagikan ke Facebook Bagikan Tweet ke Twitter Bagikan ke LinkedIn Bagikan ke WhatsApp

Jayapura – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura kini juga fokus untuk mengelola air limbah di wilayah itu.

Pemkot sebagai pemilik saham PT Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani menunjuk perusahaan milik daerah tersebut untuk merealisasikan rencana dimaksud.

Atas arahan itu, PT Air Minum Jayapura sedang menjajaki kerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Surakarta, Jawa Tengah untuk pengelolaan air limbah.

Direktur Utama PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani Dr. Entis Sutisna mengatakan sesuai arahan Komisaris Utama dan juga Wali Kota Jayapura supaya segera melakukan pengelolaan air limbah daerah, mana pihaknya langsung melakukan studi tiru ke Perumda Kota Surakarta.

“Yang kami lihat saat studi tiru ialah Perumda Air Minum Kota Surakarta sudah sangat maju dalam mensinkronkan antara pelayanan air bersih dengan air limbah,” katanya.

Menurut Sutisna, setelah dilakukan studi tiru tersebut diharapkan PT Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani dapat menindaklanjuti dengan aspek legal penugasan dari Pemerintah daerah setempat.

“Nantinya juga kami ada pendampingan dari USAID IWUASH Tangguh untuk bersama-sama menyiapkan regulasi yang dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK) Wali Kota dan Bupati setempat terkait pengelolaan air limbah,” ujarnya.

Entis menjelaskan pengelolaan air limbah di Kota dan Kabupaten Jayapura merupakan hal baru sehingga ini menjadi tantangan sehingga pihaknya akan meningkatkan tugas dan fungsi PT Air Minum Jayapura guna memastikan layanan sanitasi yang aman.

“Karena untuk tahap pertama operasi pengelolaan air limbah kami tidak berorientasi kepada profit perusahaan tetapi lebih kepada membantu pemerintah daerah menyiapkan infrastruktur air limbah,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya mengakui dengan kelembagaan yang kuat akan menjadi daya tarik pemerintah pusat untuk membantu pengembangan infrastruktur air limbah.

Sumber :https://koreri.com/2024/03/02/kelola-air-limbah-pt-air-minum-jayapura-jajaki-kerjasama-dengan-perumda-surakarta/